Tips Memulai Presentasi
Tips Memulai Presentasi

Pentingnya Kata-Kata Pertama dalam Presentasi

“Kata-kata pertama dalam presentasi seringkali menentukan seberapa lama audiens akan ‘menyimak’ presentasi Anda.”

Banyak orang sering kali tidak memikirkan kata-kata pertama atau kalimat pertama dalam presentasi mereka. Sebagian besar dari kita cenderung fokus pada slide PowerPoint dan apa yang akan kita katakan pada setiap slide. Namun, apa yang Anda katakan di awal presentasi sangat penting. Jika Anda membosankan audiens Anda sejak awal, maka Anda sudah kehilangan mereka.

Fokus pada Pertanyaan “Mengapa”

“Ada kalimat khas yang sering digunakan pembicara untuk memperkenalkan topik mereka: ‘Hari ini saya akan berbicara tentang…'”

Banyak pembicara memulai presentasi mereka dengan menyebutkan nama mereka, terutama jika audiens tidak mengenal mereka, diikuti dengan kalimat khas tersebut. Namun, masalah dengan pendekatan ini adalah Anda sebenarnya menjawab pertanyaan yang salah. Sebagian besar audiens sudah tahu apa yang akan Anda bicarakan. Yang lebih penting adalah menjawab pertanyaan “mengapa” – mengapa Anda berbicara tentang topik ini dan mengapa penting bagi audiens untuk mendengarkan Anda.

“Pertanyaan yang paling menarik untuk dijawab adalah pertanyaan ‘mengapa’.”

Menggunakan Cerita untuk Memulai Presentasi

Alih-alih fokus pada apa yang Anda akan bicarakan, alangkah baiknya jika Anda fokus pada mengapa Anda berbicara tentang hal itu. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan berbagi cerita. Cerita biasanya dimulai dengan kerangka waktu, seperti “kemarin” atau “dua minggu yang lalu”. Anda bisa berbagi cerita nyata yang terjadi pada Anda atau sesuatu yang Anda dengar.

“Gunakan cerita nyata untuk memulai presentasi Anda dan hubungkan dengan tujuan Anda.”

Cerita adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian audiens. Anda bisa merujuk pada percakapan yang Anda miliki dengan rekan kerja atau sesuatu yang Anda baca atau dengar. Setelah berbagi cerita, Anda bisa melanjutkan dengan mengatakan, “Mengapa saya menceritakan ini kepada Anda? Karena tujuan saya dalam presentasi ini adalah…”

Kesimpulan

Memulai presentasi dengan cara yang tepat sangat penting untuk menarik perhatian audiens dan menjelaskan mengapa mereka harus mendengarkan Anda. Dengan fokus pada pertanyaan “mengapa” dan berbagi cerita yang relevan, Anda dapat membuat presentasi Anda lebih menarik dan bermakna bagi audiens Anda.

FAQ

  1. Bagaimana cara memulai presentasi dengan benar? Fokus pada pertanyaan “mengapa” dan berbagi cerita yang relevan untuk menjelaskan mengapa audiens harus mendengarkan Anda.
  2. Mengapa penting untuk memikirkan kata-kata pertama dalam presentasi? Kata-kata pertama seringkali menentukan seberapa lama audiens akan menyimak presentasi Anda.
  3. Apa yang harus dihindari saat memulai presentasi? Hindari menggunakan kalimat khas seperti “Hari ini saya akan berbicara tentang…” dan fokuslah pada menjawab pertanyaan “mengapa”.
  4. Mengapa cerita efektif untuk memulai presentasi? Cerita dapat menarik perhatian audiens dan menjelaskan mengapa topik yang Anda bicarakan penting bagi mereka.
  5. Bagaimana cara memilih cerita yang tepat untuk presentasi? Pilih cerita yang relevan dengan topik Anda dan yang memiliki kaitan dengan tujuan presentasi Anda.