penghasilan tambahan di rumah

Kondisi ekonomi yang tidak stabil dalam suatu rumah tangga, menjadikan seseorang berpikir keras mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah. Namun saat ini yang marak di tengah masyarakat adalah mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara online.

Cara Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Rumah

Hampir semua orang mengenal internet dan tak sedikit pula menjadikannya media untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Tapi bagaimana dengan seseorang yang tidak bisa mengakses internet karena satu alasan dan hanya memiliki keahlian tertentu? Apakah bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan di rumah saja?

Tentu saja bisa, setiap orang punya peluang untuk mendapatkan penghasilan di rumah tanpa online hanya berdasarkan keahlian yang dimiliki. Inilah cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah.

1. Desainer

Kamu punya keahlian menjahit pakaian atau nama kerennya desainer? Kamu bisa manfaatkan keahlian kamu itu untuk membuka jasa jahitan atau desainer di rumah pada orang yang membutuhkan.

Dengan membuka jasa desainer di rumah dan memasang tarif yang standar artinya jangan terlalu mahal tapi jangan terlalu murah, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan tentunya.

2. Guru Les 

Bila kamu punya kemampuan yang sangat baik dalam satu pelajaran tertentu, kamu bisa mencoba menawarkan diri menjadi guru les. Untuk lebih mudah kamu bisa mengajar anak-anak SD atau TK atau bisa juga dengan menjadi guru mengaji anak-anak, itu pun pekerjaan yang sangat baik untuk dicoba.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil pekerjaan kamu itu.

3. Fotografer

Kalau kamu punya hobi dan keahlian dalam dalam memotret, kamu bisa tawarkan jasa fotografer pada orang-orang yang membutuhkan. Jasa ini juga salah satu yang banyak dicari saat ini.

Kamu bisa menjadi fotografer dalam acara-acara pernikahan, atau pesta-pesta lainnya yang memerlukan jasa fotografi. Dengan begitu kamu akan mendapatkan uang tambahan dari aktivitas yang tak sekedar hobi ini.

4. Penerjemah Buku

Jika kamu punya kemampuan bahasa asing yang bagus, kamu bisa memanfaatkan kemampuan kamu itu untuk menghasilkan uang. Kamu bisa menawarkan diri untuk menjadi penerjemah buku atau jurnal-jurnal internasional dalam dunia pendidikan.

5. Buka Warung Jajanan

Kalau kamu punya modal uang yang lumayan, bisa kamu jadikan modal buat buka warung jajanan kecil-kecilan. Seperti misalnya menjual aneka makanan dan minuman anak-anak. 

Kalau kamu punya modal yang lebih banyak lagi kamu bisa menambahkan berjualan sembako sesuai dengan jumlah modal yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan mendapatkan untung dan ada penghasilan tambahan pastinya. Sehingga uang kamu tidak habis begitu saja.

6. Buka Warung Nasi Uduk

nasi uduk-penghasilan tambahan di rumah
Berjualan nasi uduk

Nah, kalau pekerjaan yang satu ini tak sedikit pula dijalani para ibu rumah tangga yang ingin membantu suaminya agar mendapatkan penghasilan tambahan di rumah. Kamu hanya perlu keahlian memasak di sini. 

Selain itu berjualan nasi uduk juga tak butuh banyak modal uang, tapi keuntungannya lumayan lho buat menambah penghasilan.

7. Menerima Jasa Perbaikan / Service barang-barang

Kamu punya keahlian untuk memperbaiki barang-barang rumah tangga yang rusak? Kamu bisa memanfaatkan keahlian kamu ini dengan membuka jasa perbaikan. Jangan malu dengan pekerjaan ini, karena tak semua orang punya keahlian khusus ini lho.  

Dengan melakukan jasa perbaikan barang-barang di rumah orang lain kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan yang kamu lakukan ini. 

8. Menerima Jasa Cuci Gosok, dan Bersih-bersih Rumah

Banyak orang yang karena sibuknya aktivitas di luar sebagai wanita karier, sehingga tidak sempat untuk mengurus pekerjaan rumah, seperti mencuci pakaian, menggosok pakaian atau bersih-bersih rumah.

Kamu bisa menawarkan diri untuk menerima jasa cuci gosok dan bersih-bersih rumah. Untuk pekerjaan yang satu ini butuh tenaga ekstra, tapi yang terpenting jangan malu untuk melakukan pekerjaan yang satu ini. 

Walau sebagian orang mungkin berpikir ini adalah pekerjaan yang rendah. Namun sesungguhnya menurut saya  ini adalah pekerjaan yang mulia dan yang penting halal. Dan ini juga akan mendatangkan penghasilan tambahan buat kamu. 

9. Menerima Jasa Memasak Buat Orang lain

Kalau kamu punya keterampilan memasak aneka makanan, kamu bisa pilih kegiatan ini  untuk mendatangkan penghasilan tambahan. Jual kemampuan kamu itu dengan tepat.

Banyak orang yang tidak punya waktu hanya untuk sekedar memasak untuk keluarganya. Sementara mereka butuh dan ingin makanan yang lezat siap tersaji di meja makan saat pulang ke rumah setelah bekerja seharian di luar.

10. Menerima Penitipan Hewan Peliharaan

Kegiatan yang dapat menghasilkan uang tambahan ini hanya dapat dilakukan bila kamu benar-benar suka binatang, karena  kamu akan kesulitan merawat binatang bila kamu tidak menyukainya.

Tak sedikit orang yang butuh jasa penitipan hewan peliharaan mereka, terutama saat masa liburan di mana banyak orang untuk pergi ke kampung halaman atau sekedar berlibur keluar kota hingga beberapa hari. 

Kamu dapat memanfaatkan momen itu untuk mendatangkan penghasilan dari sini. Untuk mendapatkan pelanggan, kamu bisa membagikan selebaran pada para tetangga sekitar kamu.

11. Menyewakan Kamar

Bila kamu punya kamar kosong di rumah yang tidak ditempati, kamu bisa manfaatkan untuk disewakan pada orang lain yang membutuhkan. Cara ini akan membuat kamu mendapatkan uang tambahan yang tidak sedikit. Terutama bila yang menyewakannya secara tetap dalam waktu yang lama. 

Selain itu kamu juga bisa menyewakan apartemen atau rumah kamu pada orang yang kamu percaya. Bila sewaktu-waktu kamu melakukan liburan atau pergi meninggalkan rumah dalam waktu lama.

12. Menjadi Pembeli Misterius

Pekerjaan ini dapat dikatakan sangat menyenangkan, di mana kamu  hanya perlu pergi ke suatu toko, restoran atau hotel yang ditentukan untuk menikmati pelayanan di tempat tersebut. 

Tidak hanya untuk sekedar menikmati secara gratis, tapi kamu  juga akan dibayar untuk melakukan hal ini. 

Kegiatan semacam ini seperti survei dan dibiayai sebuah perusahaan yang melakukannya. Kamu akan diminta datang ke tempat tertentu dan bersikap seolah-olah konsumen yang benar-benar ingin membeli. 

Selanjutnya kamu diminta perusahaan yang memberikan tugas ke kamu untuk membuat laporan mengenai tempat yang kamu datangi itu, lalu kamu akan dibayar.

13. Menjual Barang-barang Bekas

Kalau kamu punya banyak barang-barang yang sudah tidak terpakai namun masih bermanfaat, jangan biarkan menumpuk di rumahmu. Kamu bisa jual barang-barang bekas kamu itu ke pasar yang khusus menjual barang bekas.

Bisa juga barang-barang tersebut kamu jual melalui penjual keliling yang khusus membeli barang-barang bekas. Dengan begitu kamu akan mendapatkan uang tambahan. 

14. Berjualan Sosis Bakar

Cara mendapatkan penghasilan tambahan di rumah yang satu ini bisa dibilang sederhana dan tak butuh banyak modal. Pekerjaan ini juga tak sedikit dilakukan para ibu rumah tangga yang ingin menambah pemasukan keuangan dalam rumah tangganya.

BACA JUGA: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Minim Modal

Kamu hanya perlu perlengkapan dan peralatan panggang, gas, serta sosis yang bisa kamu beli di pasar. Dengan cara ini kamu bisa dapat penghasilan tambahan yang lumayan lho. Nah, itulah 14 cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah. Ingatlah jangan pernah malu melakukan apapun untuk menghasilkan uang selama apa yang kamu lakukan adalah halal dan tidak merugikan orang lain.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here