10-cara-dapat-uang-internet

Mendapatkan uang dari internet punya peluang yang sangat besar. Sistem kerja ini, juga sangat cocok bagi kamu yang lebih senang bekerja di sektor non-formal atau sekadar ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah waktu kerja yang sangat fleksibel, namun dengan penghasilan yang sangat menjanjikan. Ada dua cara yang bisa dilakukan yakni dengan website atau tanpa website. Jika kamu berminat, kami memberi rekomendasi 10 cara mendapatkan uang dari internet. 

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet 

Cara pertama adalah dengan membuat website atau blog pribadi. Cara ini seperti layaknya membangun pasar dan target pembaca kamu sendiri. Kamu juga dapat memilih niche serta topik utama untuk menentukan siapa yang akan membaca blog kamu. Penghasilan tentu akan berpatok pada trafik dari pengunjung. Jika kamu bertujuan untuk pemasaran, maka tentu saja akan memperluas jaringan pelanggan. 

Sementara jika tanpa website atau blog, kamu bisa bergabung dalam banyak program macam afiliasi, kursus online, lowongan kerja dan lain sebagainya. Berikut ini 10 rekomendasi terbaik yang kami himpun.

1. Membuat Blog

Membuat blog pada dasarnya perlu dirancang dan dikerjakan dalam jangka panjang. Artinya, penulis perlu mengerjakannya secara konsisten dengan tujuan bahwa konten tersebut memiliki nilai. Ada beberapa tips yang perlu diterapkan jika ingin masuk sebagai blogger.

Pertama, pilihlah topik umum yang dekat dengan masyarakat seperti kesehatan, hubungan, hobi, keuangan hingga pengembangan diri atau karir. Penting untuk memahami siapa pembaca kamu, agar konten yang dibuat memiliki alur yang jelas. 

Kedua, buat konten informatif dengan kualitas yang baik. Kesalahan banyak blogger adalah memanfaatkan isu hangat yang dibuat dengan cepat tanpa kualitas artikel yang baik. Ini mungkin mendatangkan keuntungan yang besar, namun tidak dalam waktu yang lama. 

Kualitas yang buruk akan membuat kamu kehilangan pembaca. Berikutnya adalah pahami teknik penulisan SEO agar blog dapat teroptimasi dan mendapat posisi teratas di mesin pencari Google. Jika blog telah memiliki banyak pembaca, terapkan iklan berbayar termasuk Google AdSense dan pastikan trafik kamu terus mengalami perkembangan. 

2. Membuka Kursus Online

Di masa pandemi seperti saat ini, jasa kursus online kian digandrungi. Banyak orang-orang yang memilih mengembangkan kemampuan melalui pelatihan-pelatihan singkat untuk menunjang karir mereka. Peluang inilah yang bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa kursus online. 

Jika kamu belum memiliki pengalaman sebagai pengajar atau tanpa latar akademik pendidikan, cobalah belajar di sejumlah platform yang menyediakan program bagi calon instruktur. Kursus online kini punya banyak varian, bisa berupa materi PDF sederhana atau video seri hingga tatap muka secara daring.

Mulailah dengan bidang yang kamu kuasai untuk menentukan topik kursus. Selain itu, kamu juga bisa membuat polling atau riset sederhana tentang keahlian yang paling dicari, dan paling dibutuhkan masyarakat. Menyaring pendapat audiens akan baik untuk menentukan pasar kelas kamu.

3. Membuka Situs Loker Berlangganan

Website lowongan kerja berlangganan yang terus menjamur menandakan jika situs ini memiliki peluang keuntungan yang cukup besar. Tentu, bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mendapatkan uang dari internet.

Tingginya angka pencari kerja bisa kamu manfaatkan sebagai peluang berupa memberi informasi lowongan kerja yang update, baik pada skala nasional atau lokal. Terdapat dua cara yang bisa diterapkan yakni, membebankan biaya kepada pemasang loker, serta biaya langganan bagi pencari kerja.

Sebelum memilih cara ini, pastikan kamu telah memiliki trafik yang cukup tinggi. Semakin banyak pengunjung, jelas akan memikat perusahaan pencari tenaga kerja, sekaligus kepercayaan para jobseeker. 

Rekomendasi Freelance Tanpa Website

Ketiga bidang sebelumnya bersifat jangka panjang, serta membutuhkan website sebagai sarana utamanya. Kendati demikian, masih ada beberapa akses lain yang bisa memperoleh cuan tanpa memiliki website khusus. 

4. Membuat Email Marketing

Cara berikutnya adalah membuat email marketing, bidang ini terbilang baru dan menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan. Biasanya berupa newsletter yang masuk sebagai inbox pada email pribadi penggunanya. 

Pemilihan bahasa yang digunakan pun cukup menarik, tak lagi dengan bahasa jualan kaku yang monoton. Platform yang bisa digunakan untuk membuat newsletter adalah Aweber, Drip atau ConvertKit. Sebelum itu, pastikan kamu telah memilih provider untuk email marketing yang akan dikerjakan.

Memahami cara penulisan yang baik dibutuhkan dalam bidang ini. Tujuan kerja kamu adalah membangun kepercayaan pelanggan, yang setuju untuk menerima newsletter inbox kamu. Produk yang ditawarkan beragam serupa produk digital, kursus online, penawaran kerja sama dll.

5. Menulis dan Menerbitkan eBook

Electronic Book (eBook) juga memiliki pangsa pasar dan peluang yang baik sebagai sumber pendapatan. Bidang ini berkaitan dengan self-publishing untuk menerbitkan buku pribadi secara digital. Profesi ini sebenarnya cocok bagi penulis pemula yang ingin mengenalkan karyanya. 

Selain menulis, tugas kamu yang lain adalah mengedit, mengatur susunan format, desain sampul, menerbitkan, dan mengunggahnya ke platform khusus seperti Amazon. Sebagai penerbit independen, pastikan juga kamu telah menentukan strategi pemasaran yang baik dan masif.

6. Menjadi Freelancer di Pelbagai Situs

Terdapat banyak situs freelancer yang menawarkan pekerjaan dengan sistem remote, peluang ini tentu bisa kamu pilih sesuai kemampuan yang dimiliki. Kualifikasi yang dipasang pencari tenaga kerja juga tidak bersifat mengikat. Beberapa freelancer yang bisa kamu pilih adalah Guru, Fiver, Upwork atau Freelancer. 

Mulailah dengan mengambil job kecil untuk menambah portofolio dan penilaian klien, semakin banyak penilaian positif maka semakin banyak juga tawaran yang akan kamu dapatkan. Tingkat persaingan di bidang ini cukup tinggi, jadi pastikan pula kamu memasang profil dengan sempurna sesuai kemampuan yang kamu miliki.

7. Menjadi Asisten Virtual

Pekerjaan ini mungkin belum cukup lumrah di kalangan pencari kerja. Jika umumnya asisten bekerja di perusahaan pada sektor formal, asisten virtual bisa menjadi peluang yang baik. Pekerjaan ini mengharuskan kamu mengelola perencanaan dan jadwal dengan rapi.

Fokus lain dalam pekerjaan ini adalah pembukuan, email, riset, entri data serta kemampuan administratif lainnya. Keunggulan lain yang bisa diperoleh adalah, memperluas jaringan dengan orang-orang penting sebagai pengguna jasa kamu.

8. Jual Beli Domain

Cara berikutnya untuk mendapatkan uang dari internet dengan cara praktis adalah jual beli domain website. Salah satu situs yang bisa kamu dapatkan adalah Just Dropped, dengan memilih nama domain yang unik untuk dibeli.

justdropped-tipsncara
Website Just Dropped – Tips N Cara

Berikutnya adalah membuat daftar domain yang dibeli dan pasarkan. Keuntungan tentu bisa kamu dapatkan dari selisih harga jual kembali customer. Bidang ini telah terbukti memberi keuntungan bagi banyak penggunanya hingga ribuan dollar.

9. Pengajar Bahasa Inggris Online

Kemampuan berbahasa Inggris di banyak perusahaan telah menjadi prioritas dana menyaring tenaga kerja. Tak hanya itu, pencari tenaga kerja di bidang formal maupun non-formal juga membutuhkan kemampuan ini. Maka tak ayal, jika masyarakat kian membutuhkan pengajar yang kompeten. Perihal penghasilan variatif, tergantung seberapa besar platform tempat kamu bekerja.

Beberapa platform yang bisa menjamin rekomendasi melamar antara lain Remote.co, Chegg Tutors atau Learn4Good. Ketiga situs ini memiliki pelajar dengan kualitas yang banyak dan kepercayaan yang baik.

10. Desain Grafis

Terakhir adalah desain grafis, keahlian ini tak membutuhkan gelar melainkan pengalaman dan portofolio yang meyakinkan. Ada banyak platform dan perusahaan yang membutuhkan jasa desainer grafis untuk memenuhi kebutuhan mereka terutama pemasaran.

BACA JUGA: 9 Situs Terbaik Untuk Freelancer

Platform macam 99designs misalnya, bisa menjaring para desainer grafis dan menghubungkan dengan klien untuk mendapat proyek. Selain hasil desain yang menarik, kerja profesional juga sangat menunjang kepercayaan klien di bidang ini. 

mendapatkan uang dari internet - 99designs-tipsncara
Website 99designs – Tips N Cara

Itulah 10 cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan. Bisa juga, dengan mengikuti pelatihan khusus untuk menekuni bidang yang kamu inginkan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here