Platfrom freelancer terbaik

Situs freelance merupakan tempat kamu untuk melakukan aktivitas pekerja lepas atau sering disebut dengan julukan freelancer. Dalam memilih situs freelance, kamu harus jeli karena banyak situs yang hanya memberikan janji palsu atau alias kamu tidak dibayar. Misal kamu sudah capek bekerja, eh, pas waktunya gajian malah tidak dibayar. Akhirnya kamu pun jadi malas untuk bekerja lepas.

Disini kami akan membahas situs freelance terpercaya, sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir. Hasil kerja keras kamu pasti akan dibayar asalkan kamu aktif dan giat dalam bekerja freelance di situs berikut ini:

1. Upwork.com

Situs freelancer upwork
upwork.com

Dengan lebih dari 1,5 juta klien, upwork.com menawarkan hampir semua bidang untuk semua jenis pekerjaan freelance ini, baik proyek jangka pendek ataupun jangka panjang. Di upwork, kamu akan mendapatkan pilihan pekerjaan dengan sistem pembayaran per jam atau per proyek ataupun dengan tingkat kesulitan profesional dan tingkat pemula.

Kamu tidak perlu takut dengan tingkat keterampilan yang kamu miliki, karena situs upwork memungkinkan para pecari kerja atau para freelance mendapatkan pekerjaan yang paling sesuai, mulai dari proyek sederhana seperti mengetik naskah, hingga pekerjaan super ribet seperti membuat aplikasi Android.

2. Freelancer.com

Situs freelancer.com
freelancer.com

Tidak seperti kebanyakan platform lain, selain menawarkan jutaan proyek, freelancer memungkinkan kamu untuk bersaing dengan freelancer lainnya dalam konteks utuk membuktikan keahlian kamu. Jika kamu kompetitif dan percaya diri dalam keahlian kamu, maka kamu akan mempunyai kesempatan bagus untuk menunjukan kemampuan kamu dan memikat lebih banyak klien.

BACA JUGA: 3 Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil

Fitur yang memudahkan di situs ini adalah penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai fasilitas yang ditampilkan, seperti contohnya menu pencarian dan lain sebagainya. Sehingga meskipun kamu belum lancar berbahasa Inggris, kamu tetap dapat mengambil proyek dalam negeri di Freelancor.com ini.

3. Guru.com

Situs freelancer guru
guru.com

Guru.com merupakan website freelance tempat pencari kerja online yang menyediakan dua jenis member yaitu free member (gratis) dan paid member (berbayar). Free member adalah jenis member yang tidak dipungut biaya, namun potensi untuk mendapatkan jobnya akan terbatas. Sedangkan paid member adalah member yang berbayar dimana kamu akan mendapatkan job yang lebih banyak dan rutin. Tapi apapun jenis membernya, kamu akan mendapatkan hasil yang lumayan jika ditekuni dengan serius.

4. Toptal.com

Situs freelancer toptal
toptal.com

Dengan pendekatan yang sangat berbeda dari situs lain dalam daftar ini, Toptal diperuntukkan untuk profesional yang berbakat. Dimana nantinya kamu akan dilakukan proses penyaringan. Toptal akan memberikan akses yang tak terbatas dengan klien-klien yang terkenal, seperti JP Morgan, Zendesk, AirBnb, dan lainnya. Dan tentu saja dengan bayaran yang besar, sebab tidak ada proyek dengan penawaran rendah di situs ini. Maka jika kamu memiliki keterampilan yang sangat baik dan fasih berbahasa Inggris, maka Toptal sangat kami rekomendasikan.

5. Fiverr.com

Fiver adalah platform pencari kerja berkategori kreatif seperti penulis, fotografer, pembuat film, produser, dan banyak lainya. Daftarkan jasa kamu dengan harga yang dapat kamu pilih sendiri dan mulailah mencari bisnis yang membutuhkan keahlian jasa kamu. Platform ini sangat sederhana dan dapat sangat menguntungkan saat kamu ingin membangun reputasi yang baik.

6. Sribulancer.com

Situs freelancer sribulancer

Sribulancer adalah situs freelance lokal yang saat ini sedang mencoba pasar global dengan tujuan mempertemukan para freelancer yang sedang membutuhkan pekerjaan dengan para pemberi kerja lepas. Dengan Sribulancer, kamu dapat mencari job yang kiranya bisa dijadikan sumber penghasilan sampingan.

Sribulancer selain bermanfaat untuk para freelancer, juga untuk para klien yang membutuhkan pekerja. Bagi freelancer yang dapat menyelesaikan tugas dengan waktu yang telah disepakati dan selesai dengan sempurna, ada uang jaminan kembali untuk pemberi pekerjaan apabila freelancer melanggar janji dengan point-point yang sudah ditetapkan. Karena Sribulancer merupakan situs freelance lokal, maka ada opsi pembayaran menggunakan transfer bank yang artinya kamu dapat lebih mudah menerima pembayaran dari setiap hasil pekerjaan kamu.

7. Projects.co.id

Situs freelancer projects
projects.co.id

Tidak jauh berbeda dengan situs-situs freelance di atas, kamu dapat bergabung dan menjadi member serta mencari pekerjaan sebagai freelance di projek secara gratis. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur afiliasi yang artinya kamu dapat merekrut orang lain untuk bergabung untuk menjadi member di projects dan jika orang tersebut berhasil mendapatkan job dan menghasilkan uang, maka kamu pun akan mendapatkan komisi. Fitur affiliasi ini bisa kamu manfaatkan sebagai media penambah penghasilan utama, yaitu sebagai freelancer di projects.

8. Sribu.com

Sribu.com merupakan situs khusus untuk para desainer grafis seperti logo, banner, kaos, dan lain sebagainya. Platform ini masih satu keluarga dengan sribulancer, namun sribu.com dikhusukan untuk para freelancer yang jago desain. Jika kamu termasuk yang mahir dalam mendesain logo, banner iklan, atau kaos, sebaiknya kamu mencoba sribu.com. Spesialnya lagi, situs ini adalah buatan anak negeri yang memudahkan kamu dalam pengambilan pembayaran dari hasil kerja kamu.

9. 99designs.com

Situs freelancer 99designs

Situs 99designs.com ini juga merupakan situs yang sama seperti sribu.com, yaitu untuk para desainer. Namun situs ini berskala internasional dan platform ini juga memungkinkan kamu bersaing dalam kontes desain untuk kemudian mendapatkan feedback saat klien memilih yang terbaik. Ini adalah cara yang baik untuk para desainer untuk membuktikan bakat serta mendapatkan penghasilan.

Itulah situs-situs freelance yang sangat kami rekomendasikan. Silakan sebarkan ke teman-teman kamu yang sedang berusaha keras mencari penghasilan tambahan, dan juga semoga kamu menjadi freelancer yang sukses!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here